Planet Oli Bekas - cari, manfaat, harga, jual, beli, bisnis, cara, daur ulang, limbah, B3, pengepul, pembeli, penjernihan, kandungan, usaha, jenis, pabrik, pelumas, drum, oil, mengolah, pengolahan, pemanfaatan, pengangkutan, penyimpanan, pengumpulan, manifest, klh, blh, amdal, ukl, upl, lingkungan hidup indonesia.

Breaking News
Loading...
Selasa, 30 Oktober 2018

Cara Menyaring Oli Bekas Agar Dapat Dimanfaatkan Kembali

Cara Menyaring Oli Bekas Agar Dapat Dimanfaatkan Kembali

Oli adalah hal yang sudah sangat familiar bagi kita. Disamping digunakan sebagai pelumas kendaraan bermotor, oli juga memiliki banyak sekali fungsi. Seperti memudahkan di dalam mendorong gerbang macet atau sebagai pelumas pintu. Kebanyakan orang membuang oli bekas, sebab hal ini dianggap tidak penting. Sebenarnya ada cara menyaring oli bekas agar bisa seperti oli baru. Meskipun baru, dalam artian hanya tampilannya saja. Sementara untuk fungsinya sama seperti oli bekas tapi masih bisa memiliki manfaat.

Cara Menyaring Oli Bekas Agar Dapat Dimanfaatkan Kembali
cara menyaring oli bekas

Apakah anda tahu bagaimana cara menyaring oli bekas? Sebenarnya ada tips yang bisa dilakukan untuk hal ini. Bahan yang diperlukan juga sangat sederhana dan mudah untuk didapatkan. Anda hanya memerlukan arang, sebab arang bisa menyerap logam, garam dan juga air yang ada pada oli. Dengan demikian dapat menjadikan oli jernih kembali.

Cara Menyaring Oli Bekas Pakai

Ternyata dalam sebuah penelitian diketahui bahwa lebih dari 30,3 miliar liter oli bekas dihasilkan setiap tahun dari kendaraan bermotor yang ada di seluruh dunia. Sebagian oli bekas didaur ulang menjadi oli baru. Kemudian sisanya dibakar pada tungku panas yang tidak semua prosesnya aman untuk lingkungan.

Di berbagai negara yang maju, saat ini telah ada daur ulang oli bekas yang dapat digunakan kembali. Pastinya ini juga bisa dilakukan daur ulang secara terus menerus. Oli bekas saat didaur ulang melewati proses penyulingan yang dilakukan sama seperti minyak yang telah diekstrak dari sumur pengeboran yang berada di tambang minyak. Oli mesin baru yang merupakan hasil oli daur ulang memenuhi standar industri yang telah digunakan pada industri minyak pelumas.

Proses Pengolahan Oli Bekas

Sebenarnya proses dalam pengolahan serta daur ulang oli bekas bisa dibilang tidak begitu sulit dan simple. Dalam hal ini terdapat tiga tahap proses pengolahan oli bekas. Di antaranya yang pertama adalah pemisahan air dari oli bekas. Dalam proses ini akan menghasilkan limbah air dari campuran oli bekas. Tahap selanjutnya yang kedua adalah memisahkan kotoran dan juga aditif atau penambahan bahan kimia. Sedangkan untuk tahap ketiga dilakukan perbaikan warna sehingga dapat menghasilkan warna dasar pelumas dan limbah lempung. Yang terakhir bahan dasar diolah menjadi pelumas yang disebut dengan blending.

Proses Daur Ulang Oli Bekas

Dalam cara menyaring oli bekas ini dilakukan proses daur ulang yang dilakukan dengan tiga tahapan. Yang pertama daur ulang oli bekas memakai asam kuat guna memisahkan aditif dan juga kotoran yang terdapat di dalam oli bekas. Selanjutnya dilakukan pemusatan dengan menggunakan lempung. Produk yang telah dihasilkan akan memiliki sifat asam dan tidak memenuhi syarat.

Untuk cara yang kedua campuran pelarut berupa keton dan alkohol dipakai dalam memisahkan aditif dan kotoran yang ada di dalam oli bekas. Campuran pelarut dan juga pelumas bekas yang sudah dipisahkan di fraksionasi agar dapat memisahkan kembali pelarut dari oli bekas tersebut. Selanjutnya dilakukan proses pengecatan dan blending serta ditambahkan proses reformulasi agar dapat menghasilkan pelumas yang siap pakai. Yang ketiga cara awal dipakai senyawa fosfat, kemudian dilakukan proses perkolasi menggunakan lempung dan diikuti proses hidrogenasi.

Cara Simple Menyaring Oli bekas

Untuk menyaring oli bekas sendiri dirumah tanpa menggunakan bahan kimia, anda bisa menggunakan arang. Cukup tumbuh arang dengan tekstur kasar kemudian tuang arang dalam penyaringan. Selanjutnya buang oli bekas di atas arang tersebut, hasilnya oli bisa terlihat jernih kembali.

Seperti yang kita tahu bahwa sebenarnya limbah oli bekas bisa dipakai menjadi bahan bakar kendaraan prosesnya disebut pyrolysis mendaur ulang oli menggunakan metode yang berbeda. Minyak dipanaskan dalam suhu yang tinggi dengan tidak adanya oksigen. Sehingga akan membuat oli terpecah menjadi beberapa campuran cairan, gas dan juga material padat. Gas dan juga cairan bisa diubah menjadi bahan bakar dengan menambah material penyerap gelombang microwave. Limbah oli menjadi panas merata dan hampir 90% limbah oli bisa dengan mudah diubah dalam campuran bensin dan solar konvensional. Sehingga oli bekas bisa menjadi bahan bakar.

Kita semua sekarang tahu betapa pentingnya cara menyaring oli bekas dan mengelolanya agar tidak terbuang di sembarang tempat. Dan dapat digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat. Dengan demikian, daur ulang oli bekas setidaknya bisa mengurangi kebutuhan minyak mentah dunia yang meningkat dan juga berdampak baik bagi lingkungan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menyaring Oli Bekas Agar Dapat Dimanfaatkan Kembali

0 komentar:

Posting Komentar