Planet Oli Bekas - cari, manfaat, harga, jual, beli, bisnis, cara, daur ulang, limbah, B3, pengepul, pembeli, penjernihan, kandungan, usaha, jenis, pabrik, pelumas, drum, oil, mengolah, pengolahan, pemanfaatan, pengangkutan, penyimpanan, pengumpulan, manifest, klh, blh, amdal, ukl, upl, lingkungan hidup indonesia.

Breaking News
Loading...
Senin, 29 Oktober 2018

Kegunaan Oli Bekas Yang Masih Jarang Orang Ketahui

Kegunaan Oli Bekas Yang Masih Jarang Orang Ketahui

Mengganti oli mobil atau motor bisa juga dilakukan sendiri bagi orang yang senang mengutak-atik kendaraan kesayangan mereka. Dibandingkan harus pergi ke bengkel, biasanya orang-orang akan lebih suka mengganti oli kendaraan mereka di rumah. Di samping hobi otak-atik kendaraan, mengganti oli dapat menjadi kegiatan berguna saat mengisi waktu luang. Yang jadi masalah biasanya sisa oli bekas nya lalu diapakan? Mari cari tahu kegunaan oli bekas ini.

Kegunaan Oli Bekas Yang Masih Jarang Orang Ketahui
kegunaan oli bekas

Ternyata ada banyak sekali kegunaan oli bekas. Namun masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Salah besar jika kita mengatakan oli bekas itu tidak berguna. Karena beberapa kalangan bahkan memanfaatkan oli bekas dengan didaur ulang. Umumnya mekanik bengkel baik resmi atau umum mengumpulkan oli bekas ke dalam wadah yang berupa drum dengan ukuran besar kemudian didaur ulang.

Macam-Macam Kegunaan Oli Bekas

Mulai saat ini setelah ganti oli kendaraan sebaiknya jangan langsung dibuang. Lebih baik dimanfaatkan terlebih dahulu untuk berbagai macam hal yang berguna. Lantas apa saja kegunaan atau manfaat yang bisa diperoleh dari oli bekas ini? Ada banyak manfaat oli bekas, oleh sebab itu di dalam artikel ini kami akan membahasnya secara lengkap.

Oli pelumas rantai

Fungsi oli yang notabene adalah pelumas mesin, setelah menjadi ampas oli masih tetap tidak kehilangan kemampuannya sebagai pelumas. Hanya saja kali ini berbeda, jangan menggunakan oli bekas untuk melumasi mesin motor atau mobil anda. Namun sebaiknya pakailah oli bekas untuk melumasi rantai roda dan juga gear yang ada pada kendaraan. Dengan demikian, gear ataupun rantai tidak bisa cepat aus. Namun sebaiknya pakailah oli bekas yang sekiranya masih tampak baik. Memakai oli bekas yang sudah benar-benar rusak justru bisa membahayakan kondisi dari gear dan rantai kendaraan anda.

Mencegah roda pagar besi berkarat

Salah satu yang sering menjadi penyebab pagar rumah yang dibuat dari bahan besi saat dibuka terdengar berdecit dan berisik adalah kurangnya pelumas pada roda pagar. Sehingga menimbulkan bunyi yang mengganggu pendengaran. Di samping itu, munculnya karat yang terdapat pada roda besi juga bisa menjadi penyebab roda besi cepat rusak. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat memakai oli bekas dalam melumasi roda besi agar pagar rumah anda tidak seret dan menimbulkan bunyi berisik ketika ditutup ataupun dibuka. Pemberian oli bekas yang diaplikasikan pada roda pagar besi juga berguna untuk mencegah timbulnya korosi atau karat. Dengan demikian, pagar rumah anda bisa menjadi lebih awet.

Oli bekas sebagai bahan pembakaran

Sama seperti minyak tanah, solar, premium dan lain sebagainya, oli juga merupakan salah satu hasil olahan dari minyak bumi. Hanya saja perbedaannya oli mempunyai oktan yang paling rendah. Dengan demikian, ampas yang ditinggalkan juga lebih banyak. Oli adalah hasil olahan minyak bumi, sehingga mempunyai sifat bisa terbakar atau membakar. Dengan demikian, oli bekas bisa dipakai sebagai bahan pembakaran untuk kayu bakar.

Selain itu, saat ini teknologi juga sudah semakin maju. Oli bekas bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar pengganti gas elpiji atau minyak tanah. Caranya dengan membuat burner bahan bakar oli bekas.

Pengawet kayu

Ternyata pengawetan kayu juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan oli bekas. Terkadang hal ini dilakukan oleh beberapa industri mebel rumahan untuk menjaga stoknya yang kurang laku. Supaya tidak mudah lapuk atau hancur dimakan rayap. 

Pengaplikasiannya sangat mudah. Caranya cukup dengan mencampur oli bekas dan solar dengan perbandingan yang sama. Misalnya menggunakan solar dan oli bekas sama-sama 1 liter. Selanjutnya campuran tersebut dioleskan di bagian kayu dengan merata sampai mengering. Lebih baik campuran ini digunakan ketika kayu masih dalam kondisi basah. Tetapi bisa juga digunakan ketika kayu sudah mulai kering. Kayu bisa lebih tahan lama, tahan gempuran cuaca dan bebas dari serangan rayap.

Setelah mengetahui berbagai macam kegunaan oli bekas untuk kehidupan sehari-hari, maka sekarang anda tak perlu membuang oli bekas kendaraan bermotor anda. Manfaatkan oli bekas untuk berbagai kebutuhan yang bernilai guna lebih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kegunaan Oli Bekas Yang Masih Jarang Orang Ketahui

0 komentar:

Posting Komentar