Planet Oli Bekas - cari, manfaat, harga, jual, beli, bisnis, cara, daur ulang, limbah, B3, pengepul, pembeli, penjernihan, kandungan, usaha, jenis, pabrik, pelumas, drum, oil, mengolah, pengolahan, pemanfaatan, pengangkutan, penyimpanan, pengumpulan, manifest, klh, blh, amdal, ukl, upl, lingkungan hidup indonesia.

Breaking News
Loading...
Selasa, 06 November 2018

Cara Daur Ulang Oli Bekas Sederhana dan Mudah

Cara Daur Ulang Oli Bekas Sederhana dan Mudah

Banyak orang yang berpendapat bahwa oli bekas sama sekali tak bisa dimanfaatkan. Anggapan tersebut nyatanya salah. Oli bekas bisa anda gunakan untuk melumasi pintu yang macet, melumasi rantai dan gear, pengobatan kudis pada hewan ternak, dan masih banyak lainnya. Belum lagi jika anda mengetahui cara daur ulang oli bekas sederhana secara tepat, maka anda bisa memanfaatkannya secara lebih optimal. Mengenai bagaimana cara mendaur ulang oli bekas tersebut, anda simak saja ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Daur Ulang Oli Bekas Sederhana dan Mudah
cara daur ulang oli bekas sederhana

Cara Daur Ulang Oli Bekas Sederhana

Cara daur ulang oli bekas sederhana bisa anda praktekkan sendiri di rumah. Dalam mendaur ulang oli bekas ini, anda akan melalui beberapa tahapan. Adapun tahapan yang pertama ialah memisahkan air dari oli bekas. Proses yang satu ini akan menghasilkan limbah air yang tak lain adalah hasil dari campuran oli bekas. Setelah itu, anda lanjut ke tahapan yang kedua. Dalam tahapan yang kedua ini, anda akan memisahkan kotoran dan zat aditif dengan melakukan penambahan bahan kimia.

Langkah selanjutnya, anda akan dibawa ke tahapan yang ketiga. Dalam tahapan yang ketiga ini, anda akan melakukan perbaikan warna. Proses ini akan memberikan hasil berupa bahan dasar pelumas (bdp). Tak hanya itu, proses ini juga akan menghasilkan limbah lempung. Tahapan yang terakhir, anda lakukan blending. Dimana anda akan mengolah bahan dasar menjadi pelumas. Semua tahapan cara daur ulang oli bekas sederhana ini dilakukan dengan menggunakan alat dan bahan yang memadai. Berikut alat dan bahannya.

Asam Kuat

Salah satu bahan yang perlu anda siapkan untuk mendaur ulang oli bekas ialah asam kuat. Asam kuat ini anda gunakan untuk memisahkan kotoran dan zat aditif yang ada di dalam oli bekas.

Lempung

Saat kotoran dan zat aditif dalam oli bekas sudah terpisah, anda bisa melanjutkan prosesnya dengan memanfaatkan lempung. Lempung ini digunakan untuk pemucatan. Produk yang dihasilkan sifatnya asam dan tak memenuhi syarat.

Pelarut Alkohol dan Keton

Bahan lainnya yang juga bisa anda gunakan untuk mendaur ulang oli bekas ialah pelarut alkohol. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pelarut alkohol tersebut perlu dicampurkan dengan menggunakan keton. Campuran keduanya ini digunakan untuk memisahkan kotoran dan zat aditif yang ditemukan di dalam oli bekas. Campuran pelarut dan oli bekas yang sudah dipisahkan di fraksionasi akan dilanjutkan dengan proses pemucatan dan proses blending. Setelah itu, proses akan memasuki tahapan reformulasi untuk menghasilkan produk pelumas siap pakai.

Senyawa Fosfat

Daur ulang oli bekas juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan senyawa fosfat. Penggunaan senyawa fosfat ini dilakukan saat tahap awal. Setelah itu, dilakukan daur ulang oli bekas dengan proses perkolasi. Selanjutnya, anda masuk ke tahapan daur ulang oli bekas dengan lempung yang dikuti proses hidrogenasi.


Manfaat Daur Ulang Oli Bekas

Melakukan daur ulang oli bekas terbukti memberikan banyak manfaat. Hal ini dikarenakan bisa meningkatkan manfaat oli bekas yang sebelumnya dipandang sebelah mata. Adapun hasil daur ulang oli bekas bisa dimanfaatkan untuk membantu proses pembakaran yang terjadi pada mesin 2-tak. Tak hanya itu, oli bekas yang telah didaur ulang juga bisa dipakai dalam industri batu kapur. Hasil daur ulang oli bekas tidak disarankan untuk digunakan melumasi mesin. Hal ini dikarenakan justru bisa merusak kinerja mesin.

Daur ulang oli bekas memang tak bisa dipakai layaknya oli mesin, melainkan dimanfaatkan sebagai mix oil atau oli campur. Dengan begitu, oli bekas hasil dari daur ulang bisa terbakar bersama bahan bakar. Oli bekas yang telah didaur ulang sudah terbebas dari kandungan gram. Selain itu, daur ulang oli bekas juga bisa memulihkan rantai karbon.

Cara daur ulang oli bekas sederhana yang tepat bisa memulihkan rantai karbon yang telah pecah. Hal ini dikarenakan adanya proses pemanasan. Rantai karbon dipulihkan dengan menerapkan proses radioaktif. Ditembakkan atom C sehingga atomnya bisa pulih kembali. Oli bekas pun tak akan mencemari lingkungan namun justru memberikan banyak manfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Daur Ulang Oli Bekas Sederhana dan Mudah

0 komentar:

Posting Komentar