Planet Oli Bekas - cari, manfaat, harga, jual, beli, bisnis, cara, daur ulang, limbah, B3, pengepul, pembeli, penjernihan, kandungan, usaha, jenis, pabrik, pelumas, drum, oil, mengolah, pengolahan, pemanfaatan, pengangkutan, penyimpanan, pengumpulan, manifest, klh, blh, amdal, ukl, upl, lingkungan hidup indonesia.

Breaking News
Loading...
Selasa, 06 November 2018

Cara Menjernihkan Oli Bekas dengan Arang

Cara Menjernihkan Oli Bekas dengan Arang

Cara menjernihkan oli bekas dengan arang mungkin belum banyak diketahui oleh orang awam. Oli bekas yang telah berwarna hitam, gelap pekat, kental, serta berbau kurang sedap, sebenarnya masih bisa didaur ulang dan digunakan kembali. Akan tetapi, untuk mendaur ulang oli bekas, memerlukan bahan yang tidak murah serta tahapan yang tidak mudah untuk dilakukan.

Cara Menjernihkan Oli Bekas dengan Arang
cara menjernihkan oli bekas dengan arang

Biasanya daur ulang oli bekas hanya dilakukan dalam skala yang besar, yang memang bertujuan untuk menghasilkan produk-produk dari oli bekas. Sedangkan untuk pengolahan oli bekas skala kecil umumnya hanya dilakukan dengan menjernihkannya saja. Cara menjernihkan oli bekas dengan arang merupakan cara yang tergolong mudah dan murah untuk dilakukan.

Cara Menjernihkan Oli Bekas dengan Arang yang Mudah Dilakukan

Oli bekas merupakan pelumas yang telah digunakan untuk melumasi spare part dalam suatu mesin yang telah lama bekerja atau telah bekerja secara keras. Mesin yang telah lama bekerja atau bekerja dengan keras ini, tentu saja akan mengubah oli menjadi kotor, berwarna hitam atau gelap pekat, serta berbau gosong atau terbakar.

Penampilan dari oli bekas yang kotor, hitam, dan bau disebabkan oleh peran dari oli sendiri yang melumasi logam-logam spare part dalam suatu mesin. Gesekan-gesekan, serta sisa hasil pembakaran akan menyebabkan masuknya zat-zat masuk ke dalam oli dan menurunkan kualitas oli itu sendiri.

Oli yang kotor oleh zat sisa gesekan serta oleh sisa hasil pembakaran yang kurang sempurna dapat dibersihkan menggunakan zat arang. Cara menjernihkan oli bekas dengan arang adalah sebagai berikut:

Menyiapkan Arang

Arang yang dapat digunakan untuk menjernihkan oli bekas adalah semua jenis arang dari pembakaran sebelum menjadi abu. Kayu atau bekam misalnya, setelah dibakar dan sebelum menjadi abu, akan menghasilkan arang. Arang dari kayu atau sekam tersebut dapat digunakan untuk menjernihkan oli bekas.

Menumbuk Kasar Arang

Arang yang akan digunakan untuk menjernihkan oli bekas adalah arang yang telah ditumbuk kasar (tidak sampai halus). Umumnya, arang yang berasal dari bongakahan kayu masih akan berbentuk bongkahan, sehingga sebelum digunakan untuk menjernihkan oli, arang harus ditumbuk sampai ukurannya kasar.

Menyaring Oli Bekas dengan Arang

Setelah menumbuk kasar arang yang digunakan sebagai penyaring, arang telah siap digunakan untuk menjernihkan oli bekas. Arang bisa diletakkan di atas penyaring kemudian dituangi dengna oli besa, maka dengan sendirinya oli bekas akan tersaring dan menjadi lebih jernih dari sebelumnya.

Cara Menjernihkan Oli Bekas dengan Arang: Kinerja Arang

Cara menjernihkan oli bekas dengan arang merupakan salah satu cara penjernihan oli bekas yang paling sederhana. Penjernihan oli bekas dengan metode penyaringan menggunakan arang tidak memerlukan tahapan yang kompleks.

Cara kerja arang dalam menjernihkan oli bekas adalah dengan menyerap air, logam, serta garam yang terkandung dalam oli bekas. Oli bekas yang dilewatkan pada arang akan secara otomatis akan tersaring dan terpisah dari kotoran yang ukuran molekulnya besar.

Cara Menjernihkan Oli Bekas dengan Arang: Hasil Penyaringan

Cara menjernihkan oli bekas dengan arang memang bisa menghasilkan oli yang lebih jernih dari sebelumnya. Namun demikian, kualitas oli hasil penyaringan dengan menggunakan arang ini belum memiliki kualitas yang baik atau yang minimal bisa digunakan kembali untuk melumasi mesin.

Untuk bisa menghasilkan oli yang berkualitas dan baik digunakan kembali untuk melumasi mesin, penyaringan harus dilakukan dengan melalui daur ulang atau melalui tahapan yang lebih kompleks. Umumnya, proses daur ulang atau penjernihan oli bekas terdiri atas filtrasi atau penyaringan dengan menggunakan asam kuat. Selanjutnya pemucatan oli bekas dengan menggunakan lempung. Kemudian dilakukan penjernihan dengan menggunakan pelarut alkohol dan keton, serta masih harus melalui proses penambahan zat-zat tertentu agar kualitasnya memenuhi baku mutu dan bisa digunakan kembali untuk melumasi mesin

Cara menjernihkan oli bekas dengan arang merupakan cara yang paling sederhana. Cara ini bisa digunakan untuk memanfaatkan kembali oli bekas untuk kegunaan lain seperti melumasi rantai atau menjaga bahan bangunan berbahan logam dari korosi sebelum digunakan. Cara ini juga bermanfaat dalam mengurangi pencemaran lingkungan dengan meminimalisir pembuangan oli bekas ke lingkungan bebas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menjernihkan Oli Bekas dengan Arang

0 komentar:

Posting Komentar