Planet Oli Bekas - cari, manfaat, harga, jual, beli, bisnis, cara, daur ulang, limbah, B3, pengepul, pembeli, penjernihan, kandungan, usaha, jenis, pabrik, pelumas, drum, oil, mengolah, pengolahan, pemanfaatan, pengangkutan, penyimpanan, pengumpulan, manifest, klh, blh, amdal, ukl, upl, lingkungan hidup indonesia.

Breaking News
Loading...
Selasa, 16 Juli 2019

Cara Mengolah Oli Bekas Menjadi Bahan Bakar Kendaraan

Cara Mengolah Oli Bekas Menjadi Bahan Bakar Kendaraan

Cara mengolah oli bekas menjadi bahan bakar kendaraan saat ini bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana. Seiring bertambahnya jumlah kendaraan terutama di daerah perkotaan, maka bisa dipastikan jika penggunaan pelumas oli yang digunakan pada kendaraan tersebut juga akan terus bertambah. Oli juga termasuk salah satu jenis minyak pelumas yang kerap dipakai untuk kendaraan. Sebab, dengan oli ini bisa melarutkan kerak sisa pembakaran yang berupa serbuk besi hasil gesekan yang pada akhirnya mengunpul pada dasar bak oli kendaraan.


Cara Mengolah Oli Bekas Menjadi Bahan Bakar Kendaraan
cara mengolah oli bekas menjadi bahan bakar


Pergantian oli dilakukan oleh pengguna kendaraan bermotor maupun mobil supaya daya tahan mesin ini bisa lebih bagus dan tidak mengakibatkan mesin cepat rusak. Perlu anda ketahui, jika limbah tersebut tidak mengendap pada mesin kendaraan, namun akan mengembang di oli. Dengan demikian, secara bertahap oli akan menjadi kotor serta menjadi limbah. Limbah ini akan mengalami kerusakan, proses kimianya mengalami perubahan dari basa menjadi asam akibat oksidasi. Tak hanya itu saja, limbah tersebut juga terdapat kandungan senyawa hetero atom poli aromatik yang mengandung racun. Oleh sebab itu, limbah oli harus diolah atau didaur ulang dengan baik.

Cara Mengolah Oli Bekas Menjadi Bahan Bakar

Oli bekas termasuk jenis limbah yang di dalamnya terdapat kandungan logam berat dari bensin maupun dari mesin bermotor. Jika logam berat itu masuk pada badan kita dan jumlahnya semakin bertambah, bisa jadi akan rusaknya ginjal, syaraf, serta dapat mengakibatkan penyakit kanker. Oleh sebab itu, daur ulang kembali oli bekas menjadi bahan bakar kendaraan bisa anda lakukan. Ada juga sebagian oli bekas yang dihasilkan di daur dibakar dalam tungku panas. Namun, untuk proses tersebut ternyata tidak semua bisa dikatakan aman bagi lingkungan.

Limbah oli bekas itu bisa diubah menjadi bahan bakar kendaraan. Untuk mendaur ulang oli bekas atau proses pyrolysis ternyata banyak sekali metode berbeda yang bisa digunakan. Minyak yang dipanaskan dalam suhu tinggi dalam ketidakadaan oksigen bisa mengakibatkan oli terpecah menjadi beberapa campuran gas, cairan, serta meterial padat. Ternyata, gas-gas serta cairan itu dapat diubah menjadi bahan bakar. Bahkan, ilmuwan yang berada di Cambrige mengungkapkan apabila proses pyrolysis dengan tradisional tidak akan bisa memanaskan oli secara merata. Denganbegitu, dalam proses merubahnya menjadi bahan bakar itu sangatlah sulit dan juga tidak praktis.

Dalam mengatasi hal tersebut, maka para ilmuwan itu menambah material penyerap gelombang microwave pada contoh limbah oli. Terutama sebelum dilakukannya proses pyrolysis yang menggunakan gelombang microwave. Penambahan material itu ternyata bisa menjadikan limbah oli menjadi panas dengan merata yang menjadikan hampir 90% limbah oli dengan mudah diubah ke pada sebuah campuran bensin serta solar konvensional.

Perbedaan Pyrolysis, Gasifikasi, dan Pembakaran

Perlu anda ketahui, jika pada Pyrolysis tidak sama dengan gasifikasi dan juga dengan pembakaran. Ketiganya tersebut dibedakan berdasarkan pada keperluan udara yang diperlukan pada sepanjang proses tersebut.

Berikut ini merupakan perbedaan dari ketiganya yang perlu anda ketahui:

· Jika untuk jumlah udara maupun untuk jumlah bahan bakar (AFR, air fuel ratio) sama juga dengan 0, maka sistem itu bisa disebut pyrolysis.

· Dan jika AFR yang diperlukan sepanjang sistem tersebut kurang dari 1. 5, maka untuk sistem itu dimaksud dengan gasifikasi.

· Apabila AFR yang butuhkan sepanjang sistem bisa menadi lebih 1. 5, maka untuk sistem yang dimaksud yaitu adalah proses pembakaran

Cara Sederhana Mengolah Oli Bekas Menjadi Bahan Bakar

Cara mengolah oli bekas menjadi bahan bakar juga bisa dilakukan dengan sangat sederhana, diantaranya adalah seperti berikut ini :

- Siapkan oli bekas
- Bensin/premium

- Wadah untuk mengolah bahan tersebut

Cara Pembuatannya :

Anda bisa masukkan oli ke ke dalam wadah yang telah disiapkan. Setelah itu, campurkan dengan bensin. Dan untuk ukurannya yaitu ½ bungkus oli di beri bensin sebanyak 2 tutup bungkus oli.

Cara mengolah oli bekas menjadi bahan bakar bisa mudah anda lakukan. Namun, tanpa diolah pun ternyata oli bekas bisa dimanfaatkan untuk pelumas rantai atau gear supaya tidak cepat kalah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengolah Oli Bekas Menjadi Bahan Bakar Kendaraan

0 komentar:

Posting Komentar