Planet Oli Bekas - cari, manfaat, harga, jual, beli, bisnis, cara, daur ulang, limbah, B3, pengepul, pembeli, penjernihan, kandungan, usaha, jenis, pabrik, pelumas, drum, oil, mengolah, pengolahan, pemanfaatan, pengangkutan, penyimpanan, pengumpulan, manifest, klh, blh, amdal, ukl, upl, lingkungan hidup indonesia.

Breaking News
Loading...
Rabu, 03 Juli 2019

Inilah Cara Membuat Kompor Oli Bekas Sederhana

Inilah Cara Membuat Kompor Oli Bekas Sederhana

Oli bekas selama ini dianggap sebagai limbah yang mencemari lingkungan. Namun, anda perlu tahu bahwa oli bekas bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Oli bekas bisa digunakan sebagai pengawet kayu, pelumas rantai dan gear, bahan bakar mesin diesel, pengobatan kudis pada hewan ternak, dan masih banyak lainnya. Bahkan oli bekas juga bisa anda gunakan untuk membuat kompor oli. Cara membuat kompor oli bekas sederhana pun cukup mudah dipraktekkan.

Inilah Cara Membuat Kompor Oli Bekas Sederhana
cara membuat kompor oli bekas sederhana

Dengan anda memanfaatkan oli bekas untuk membuat kompor oli, anda sebenarnya telah berupaya untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Lebih dari itu, anda juga bisa menghemat pengeluaran untuk membeli gas ataupun minyak tanah. Untuk itu, alangkah baiknya anda mencoba membuat kompor oli bekas yang sederhana ini. Mengenai bagaimana caranya, anda simak saja ulasan lengkap berikut ini.

Cara Membuat Kompor Oli Bekas Sederhana

Pembuatan kompor oli termasuk salah satu ide kreatif dalam mengatasi polusi, mahalnya gas tabung LPG, dan kelangkaan minyak tanah. Kompor oli bekas itu sendiri terbukti memiliki banyak keunggulan. Sebut saja bahan bakarnya tak perlu dipanaskan, bisa memakai minyak bekas tanpa perlu diolah terlebih dahulu, bahan bakar bisa diisi setiap saat, dan bisa memakai satu atau lebih jenis bahan bakar. Penggunaan kompor oli bekas pun membuat kepala kompor lebih awet karena tidak terkena api.

Dengan proses pembakaran yang sempurna, bahan bakar yang digunakan sangatlah awet. Api yang dihasilkan pun mendekati warna biru. Lebih dari itu, kompor oli ini bisa dipakai dalam pengecoran besi, tembaga, aluminium, dan untuk memasak. Hanya saja, pastikan anda merancangnya sendiri sesuai dengan kebutuhan. Melihat banyaknya keunggulan kompor oli, tak ada salahnya bagi anda untuk mencoba membuatnya. Adapun cara membuat kompor oli bekas sederhana ialah sebagai berikut.

Siapkan Tungku

Langkah pertama yang perlu anda lakukan dalam membuat kompor oli bekas ialah menyiapkan tungku. Setelah itu, rangkai tungku seperti berbentuk zigzag.

Siapkan Blower

Setelah tungku siap, anda bisa segera siapkan blower. Penggunaan blower itu sendiri ialah sebagai pendorong bahan bakarnya.

Siapkan Oli

Langkah selanjutnya, anda perlu menyiapkan oli bekas. Sebelum digunakan, pastikan oli bekas yang anda miliki sudah dicampur dengan minyak goreng bekas. Selain itu, oli bekas juga perlu dicampur dengan solar.

Rangkai Bahan

Jika semua sudah siap, anda tinggal memasangkan semua bahan tersebut ke rangkai yang telah dibuat sebelumnya. Tak butuh waktu lama, anda sudah bisa memiliki kompor oli bekas.

Penggunaan Kompor Oli Bekas

Cara membuat kompor oli bekas sederhana ini dengan memanfaatkan alat berupa pipa galvanis. Dimana ukuran pipa galvanis tersebut sekitar 12.7 cm. Pipa galvanis dengan ukuran tersebut digunakan sebagai tungku kompor. Pipa galvanis juga dihadirkan dengan ukuran 1.5 cm sebagai penyambung blower pada bagian ujung dan 2.5 cm sebagai penyambung blower. Penyambung blower pada bagian ujung sengaja dibuat lebih kecil daripada penyambung blower utama agar mampu menghasilkan tekanan yang kuat. Blower memang berperan penting sebagai pengatur tekanan udara.

Mengenai cara menggunakannya, anda bisa menyalakan kompor oli bekas hanya dengan menuangkan pemicu yang bisa menggunakan etanol atau bensin. Setelah itu, anda bisa menyalakannya dengan menggunakan korek api. Langkah selanjutnya, anda bisa langsung menyalakan blower. Anda hanya perlu membuka kran oli agar oli bisa mengalir. Tak butuh waktu lama, kompor oli bekas bisa memperlihatkan proses pembakarannya. Anda pun bisa langsung menggunakannya.

Perlu diketahui, untuk menyalakan api selama 30 menit dibutuhkan 4 liter oli dengan pengapian sebesar 10 kali lebih panas daripada kompor gas biasa. Jika anda membeli, umumnya harga oli berkisar 100 ribu per drum yang isinya 150 liter. Hal ini berarti bisa kuat sampai 37 jam untuk 1 drumnya. Selain efisien, pemanfaatan oli bekas juga menjadi salah satu wujud kesadaran akan menanggulangi pencemaran lingkungan akibat oli bekas dari jutaan kendaraan setiap bulannya.

Cara membuat kompor oli bekas sederhana dan mudah ini pun bisa anda coba praktekkan sendiri di rumah. Selain untuk masak harian, anda juga bisa menggunakan kompor oli bekas untuk menjalankan bisnis kuliner. Dijamin anda bisa lebih menghemat pengeluaran.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Cara Membuat Kompor Oli Bekas Sederhana

0 komentar:

Posting Komentar