Planet Oli Bekas - cari, manfaat, harga, jual, beli, bisnis, cara, daur ulang, limbah, B3, pengepul, pembeli, penjernihan, kandungan, usaha, jenis, pabrik, pelumas, drum, oil, mengolah, pengolahan, pemanfaatan, pengangkutan, penyimpanan, pengumpulan, manifest, klh, blh, amdal, ukl, upl, lingkungan hidup indonesia.

Breaking News
Loading...
Minggu, 07 Juli 2019

Inilah Dampak Oli Bekas Bagi Lingkungan Dan Bahayanya

Inilah Dampak Oli Bekas Bagi Lingkungan Dan Bahayanya

Lingkungan yang sehat pastinya akan menjadikan makhluk hidup yang ada didalamnya bisa menjadi hidup dengan lebih baik. Namun, saat ini banyak sekali permasalahan lingkungan yang bisa mengakibatkan rusaknya lingkungan tersebut. Seperti halnya banyaknya sampah atau limbah yang sangat berbahaya untuk lingkungan, yang bisa memberikan dampak yang buruk bagi bumi juga. Begitu banyak sampah yang kerap kita jumpai dalam sekitar kita. Diantaranya yaitu sampah rumah tangga, sampah plastik, sampah elektronik dan yang tak kalah berbahayanya yaitu sampah oli bekas. Limbah oli bekas kerap dibuang begitu saja oleh pemilik bengkel di berbagai tempat. Dampak oli bekas bagi lingkungan sangatlah berbahaya, sehingga sangat tidak dianjurkan membuangnya sembarangan.

Inilah Dampak Oli Bekas Bagi Lingkungan Dan Bahayanya
dampak oli bekas bagi lingkungan

Perlu anda ketahui, jika oli bekas terdapat kandungan zat yang begitu membahayakan. Bahkan, oli bekas ini merupakan bahan yang masuk pada kategori limbah yang ternyata begitu berbahaya dan juga sangatlah beracun. Bahkan, dampaknya dikatakan sangat berbahaya, sebab secara langsung maupun secara tidak langsung akan mencemarkan lingkungan dan juga merusak lingkungan hidup kita. Selain itu, karena kandungan yang ada di dalamnya ini sangatlah beracun, oli bekas ini dikatakan sangat berbahaya untuk kesehatan manusia. Oli bekas juga terdapat kandungan zat bahan-bahan kimia yang sudah tidak baik untuk dimanfaatkan kembali. 

Dampak Oli Bekas Bagi Lingkungan

Karena dampak oli bekas bagi lingkungan ini sangatlah berbahaya, maka untuk pengelolaanya sebaiknya juga tidak sembarangan. Sangat tidak disarankan jika anda membuang oli bekas ini langsung di sungai, got, tempat pembakaran sampah maupun langsung dibuang di tanah. Di dalam oli bekas terdapat kandungan Hydro karbon serta sulfur yang begitu membahayakan apabila terurai di tanah maupun di air.

Pencemaran Air

Dampak oli bekas bagi lingkungan selanjutnya yaitu bisa menimbulkan pencemaran air. Oli yang masuk ke dalam selokan hingga akhirnya mengalir ke dalam sungai bisa mengakibatkan pencemaran, yang bisa memberikan dampak seperti berikut ini:

· Oksigen yang ada pada air akan berkurang dan air akan beracun, karenanya ikan bisa mati.

· Sisa oli akan mengendap serta terakumulasi pada tubuh hewan.

· Oli akan mengalir serta bisa meracuni setiap tempat yang dilalui.

Pencemaran Tanah

Sedangkan dampak oli bekas bagi lingkungan ke tanah ini akan mengakibatkan pencemaran. Padahal tanah merupakan media untuk tumbuhnya tumbuhan. Pencemaran itu bisa berdampak pada:

· Hewan - hewan yang berada di dalam tanah bisa menadi mati, antara lain seperti cacing, semut dan bakteri. Padahal hewan yang mati itu adalah hewan pengurai, penggembur yang dapat membuat tanah menjadi lebih subur.

· Meresap dan meracuni air tanah yang pada umumnya kita manfaatkan untuk keperluan sehari - hari, misalnya saja untuk minum.

Pencemaran Air Laut

Dampak oli bekas bagi lingkungan juga sangat tidak baik untuk air. Sebab, air yang sudah tercemar oleh oli dari bengkel nantinya mengalir ke selokan, kemudian akan terus mengalir melewati sungai selanjutnya akan bermuara di laut. Dengan air laut yang tercemar, maka bisa mengakibatkan penurunan hasil panen ikan yang berasal dari laut.

Pencemaran Udara

Oli bekas pada umumnya juga digunakan untuk membakar keramik, namun oli bekas jika di bakar dengan sembarangan bisa mengakibatkan gas beracun. Diantaranta seperti : CO2, CO, Pb, NOx serta HC. Apabila dalam lingkungan sekitar kita banyak sekali terdapat oli bekas, sebaiknya anda tidak membuangnya langsung di tanah. Sebab, bisa jadi terserap oleh tumbuhan dan hewan yang akan makan tumbuhan itu. Hewan yang memakan tumbuhan tersebut bisa menderita sakit hingga akhirnya mati. Sebab, hewan itu keracunan zat kimia pada oli bekas ini. Perlu anda ketahui jika membakar oli hanya akan mencemari udara yang dapat memberikan dampak buruk untuk kesehatan kita ini. Hal ini bisa mengakibatkan masalah kesehatan, seperti iritasi mata, kulit dan juga rasa sesak nafas.

Jika seseorang menghirup asap pembakaran oli bekas, maka bisa jadi terkena gangguan kesehatan otak, kanker, gangguan reproduksi hingga mengakibatkan kematian. Mengingat banyaknya dampak oli bekas bagi lingkungan yang sangat berbahaya ini, maka sebaiknya anda jangan membuang oli bekas ini secara sembarangan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Dampak Oli Bekas Bagi Lingkungan Dan Bahayanya

1 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus