Planet Oli Bekas - cari, manfaat, harga, jual, beli, bisnis, cara, daur ulang, limbah, B3, pengepul, pembeli, penjernihan, kandungan, usaha, jenis, pabrik, pelumas, drum, oil, mengolah, pengolahan, pemanfaatan, pengangkutan, penyimpanan, pengumpulan, manifest, klh, blh, amdal, ukl, upl, lingkungan hidup indonesia.

Breaking News
Loading...
Sabtu, 06 Juli 2019

Mengetahui Cara Mengolah Oli Bekas Menjadi Solar

Mengetahui Cara Mengolah Oli Bekas Menjadi Solar

Memang orang yang mempunyai kendaraan bermotor tentu harus mengganti oli dalam kendaraannya tersebut supaya mesin motor tetap awet. Namun, bekas oli tersebut jangan dibuang secara sembarangan. Jika oli bekas tersebut dibuang sembarangan maka akan berdampak buruk terhadap lingkungan disekitarnya. Bekas oli ini dapat dimanfaatkan untuk beberapa kebutuhan. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan oli bekas ini menjadi solar. Untuk cara mengolah oli bekas menjadi solar ini harus dilakukan beberapa tahap.

Mengetahui Cara Mengolah Oli Bekas Menjadi Solar
cara mengolah oli bekas menjadi solar

Mengelola oli bekas atau pelumas saat ini banyak dibicarakan. Karena hingga sampai saat ini banyak para pengendara yang tidak tahu tentang bagaimana oli bekas tersebut diolah. Berdasarkan beberapa keterangan, untuk dapat mengelolanya ada beberapa langkah yang harus dibutuhkan.

Cara Mengolah Oli Bekas Menjadi Solar

Diperkirakan hingga lebih dari 3 miliar liter oli bekas pada tiap tahunnya yang dihasilkan oleh setiap kendaraan di dunia. Sebagian oli bekas tersebut di daur ulang menjadi oli baru serta sisanya dibakar atau dijadikan solar. Hal tersebut dilakukan untuk dapat melestarikan lingkungan sekitar. Sebenarnya oli bekas ini bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari anda. Selain dapat dijadikan sebagai solar, oli bekas ini juga dapat digunakan untuk pembuatan minyak atau bahan bakar lainnya. Hal tersebut dapat dimanfaatkan anda di rumah sebagai kebutuhan rumah tangga. Untuk mengubah oli bekas menjadi solar ini juga diperlukan beberapa material tambahan. Penambahan material tersebut juga dapat membuat limbah oli bekas ini panas dengan merata. Limbah oli bekas ini dapat dengan mudah ke dalam campuran solar konvensional.

Cara mengolah oli bekas menjadi solar ini dalam tahap sederhana sebagai berikut:

· Siapkan oli bekas

· Bensin atau solar

· Wadah untuk mengolah oli bekas menjadi solar

Caranya kemudian masukkan oli bekas tersebut ke dalam sebuah wadah yang disediakan. Kemudian campurlah dengan menggunakan bensin atau solar.

Sebelum uji cara tersebut silahkan uji nyala api terlebih dahulu sebelum oli bekas tersebut digunakan.

Bahan bakar solar adalah sebuah campuran dari hidrokarbon yang didapatkan dari hasil penyulingan minyak mentah dalam temperatur tinggi. Jenis bahan bakar yang sebaiknya digunakan dalam motor diesel sebaiknya menggunakan bahan bakar yang dapat segera terbakar. Bahan bakar diesel ini mempunyai sifat mempengaruhi presentasi. Berbagai jenis sifat tersebut diantaranya penguapan, belerang, korosi, mutu nyala dan masih banyak lagi.

Penguapan bahan bakar solar ini diukur dengan menggunakan suhu penyulingan cukup tinggi.

Pengelolaan Oli Bekas

Pengelolaan oli bekas ini juga melalui berbagai proses yang panjang yang sudah diuji serta telah memenuhi persyaratan.

Tahap Pertama 

minyak pelumas bekas tersebut direaksikan dengan menggunakan berbagai jenis bahan kimia. Tujuannya yaitu untuk dapat memisahkan jenis kandungan air dalam sebuah oli tersebut. Selain itu juga dapat menjamin kelancaran mengenai proses pemurnian, dan menghindari penyumbatan dan karat.

Tahap Kedua 

minyak pelumas bekas yang telah terbatas dari berbagai jenis kandungan air serta bahan bakar. Alat yang didatangkan dari negara Jerman atau negara maju yang lain yang mampu bekerja dengan kondisi yang sangat tinggi.

Tahap Ketiga 

menghasilkan jenis minyak hasil dari destilasi yang sudah terbebas dari bahan bakar, air dan residu.

Tahap Keempat

minyak pelumas dasar yang masing mengandung klor, belerang serta pada tingkat molekuler terbentuk melalui ikatan atom. Tujuannya yaitu untuk dapat menjenuhkan kembali beberapa atom karbon dan membebaskan dari kandungan belerang. Proses tersebut dapat menghasilkan oli bekas yang sangat jernih, yang stabil dengan beberapa reaksi oksidasi. Hal ini dapat menjamin daya guna yang lebih maksimum lagi. Minyak pelumas tersebut kualitasnya akan lebih tinggi dibanding dengan jenis minyak lainnya.

Tahap Kelima 

di lakukan fraksionisasi terhadap oli bekas dasar yang telah sempurna tersebut. Hal ini untuk mendapatkan minyak pelumas yang kental serta ringan.

Seluruh proses pemurnian tersebut dapat di lakukan serta di kendalikan oleh monitor dan komputer dengan ketat.

Cara mengolah oli bekas menjadi solar memang tidak mudah dan mempunyai tahapan seperti diatas. Pelumas tersebut dapat di manfaatkan untuk bahan bakar menghemat biaya anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengetahui Cara Mengolah Oli Bekas Menjadi Solar

1 komentar:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    BalasHapus