Planet Oli Bekas - cari, manfaat, harga, jual, beli, bisnis, cara, daur ulang, limbah, B3, pengepul, pembeli, penjernihan, kandungan, usaha, jenis, pabrik, pelumas, drum, oil, mengolah, pengolahan, pemanfaatan, pengangkutan, penyimpanan, pengumpulan, manifest, klh, blh, amdal, ukl, upl, lingkungan hidup indonesia.

Breaking News
Loading...
Selasa, 16 Juli 2019

Pengolahan Limbah Oli Bekas Lengkap Dengan Hasilnya

Pengolahan Limbah Oli Bekas Lengkap Dengan Hasilnya

Oli bekas selalu tersedia setiap harinya. Oli bekas ini dihasilkan dari berbagai sumber, seperti bengkel, mesin, alat berat, maupun kegiatan industri lainnya. Melihat dari banyaknya kendaraan saat ini, anda juga bisa bayangkan sendiri betapa besarnya jumlah oli bekas yang dihasilkan. Oli bekas itu sendiri termasuk limbah berbahaya dan beracun. Limbah oli bekas ini pun bisa mencemari dan merusak lingkungan. Untuk itu, pastikan anda melakukan pengolahan limbah oli bekas secara optimal.

Pengolahan Limbah Oli Bekas Lengkap Dengan Hasilnya
pengolahan limbah oli bekas

Dalam melakukan pengolahan oli bekas pun tak boleh sembarangan. Seperti yang telah disebutkan di atas, limbah oli bekas ini sangat berbahaya. Tak hanya berdampak pada lingkungan saja, melainkan juga makhluk hidup. Adapun pengelolaan limbah oli bekas yang baik meliputi reduksi, menyimpan, mengumpulkan, mengangkut, memanfaatkan, mengolah, dan menimbun limbah oli bekas. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja ulasan mengenai pengelolaan oli bekas berikut ini.

Pengolahan Limbah Oli Bekas

Rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam mengolah limbah oli bekas ialah sebagai berikut.

Reduksi

Reduksi limbah oli bekas adalah kegiatan pada penghasil yang dilakukan untuk mengurangi jumlah dan sifat bahaya limbah oli bekas. Hal ini tak terkecuali untuk mengurangi racun limbah oli bekas. Kegiatan reduksi ini dilakukan supaya limbah oli bekas terbebas dari kandungan zat yang berbahaya.

Penyimpanan

Lain halnya dengan penyimpanan. Penyimpanan merupakan suatu kegiatan menyimpan limbah oli bekas yang dilakukan oleh penghasil, pengumpul, pemanfaat, pengolah, atau penimbun. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menyimpan sementara.

Pengumpulan

Pengumpulan limbah oli bekas merupakan suatu kegiatan mengumpulkan limbah oli bekas yang didapat dari penghasil. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menyimpan sementara sebelum diberikan kepada pemanfaat, pengolah, ataupun penimbun limbah oli bekas. Untuk anda yang ingin melakukan pengumpula limbah oli bekas, anda harus memiliki fasilitas untuk penanggulangan terjadinya resiko kebakaran dan peralatan komunikasi. Lokasi yang digunakan sebagai tempat pengumpulan pun harus bebas banjir. Mengenai bangunan, konstruksi bangunan harus disesuaikan dengan karakteristik oli bekas.
Selain konstruksinya, anda juga harus memperhatikan bagian bangunan lainnya. Sebut saja lantai bangunan yang harus dibuat kedap atas minyak oli bekas, tak bergelombang, kuat, dan tak retak. Konstruksi lantai bangunan untuk pengumpul oli bekas juga harus dibuat melandai turun ke arah bak penampungan. Dalam hal ini, anda bisa membuat kemiringan maksimum 1%. Rancang bangunan dengan atap untuk mencegah masuknya air hujan.

Pengangkutan

Ada juga pengangkutan. Pengangkutan limbah oli bekas merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk memindahkan limbah oli bekas dari penghasil ke pengumpul, pemanfaat ke pengumpul, pengolah ke penimbun limbah oli bekas, dan lain sebagainya.

Pemanfaat

Pemanfaat limbah oli bekas merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan kembali (recovery), menggunakan kembali (reuse), dan mendaur ulang (recycle). Kegiatan ini memiliki tujuan untuk mengubah limbah oli bekas menjadi suatu produk yang bisa digunakan. Tak hanya itu, produk dari olahan oli bekas ini juga harus aman, baik itu bagi lingkungan maupun kesehatan manusia.

Pengolahan

Pengolahan limbah oli bekas ini dilakukan untuk mengubah karakteristik dan komposisi oli bekas. Proses ini dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan dan mengurangi sifat bahaya maupun racun pada limbah oli bekas.

Penimbunan

Penimbunan limbah oli bekas merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan menempatkan limbah oli bekas pada suatu fasilitas penimbunan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk tidak membahayakan kesehatan manusia dan mengganggu lingkungan hidup. Semua kegiatan yang dilakukan pun harus mengantongi izin dari pihak yang bersangkutan.

Hasil Pengolahan Oli Bekas

Pengolahan limbah oli bekas yang baik akan memberikan hasil produk yang membantu banyak orang. Adapun hasil pengolahan oli bekas meliputi bahan bakar diesel, pengawet kayu, pengobatan hewan ternak, bahan pembakaran pengganti minyak tanah, dan masih banyak lainnya. Tak hanya bermanfaat bagi manusia saja, melainkan juga lingkungan. Hal ini dikarenakan pengolahan oli bekas bisa membuatnya ramah lingkungan. Untuk itu, pastikan anda tidak buru-buru membuang limbah oli bekas. Apalagi jika dibuang di tempat yang tidak semestinya, seperti sungai, jalan raya, dan lain sebagainya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengolahan Limbah Oli Bekas Lengkap Dengan Hasilnya

1 komentar:

  1. Pemanfaat limbah oli bekas merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan kembali (recovery), menggunakan kembali (reuse), dan mendaur ulang (recycle). Kegiatan ini memiliki tujuan untuk mengubah limbah oli bekas menjadi suatu produk yang bisa digunakan. Tak hanya itu, produk dari olahan oli bekas ini juga harus aman, baik itu bagi lingkungan maupun kesehatan manusia. Jasa Penulis Artikel SEO harga kardus bekas di pengepul harga jual kardus bekas ke pabrik pabrik daur ulang kardus bekas
    Jasa Penulis Artikel SEO percetakan lamongan percetakan lamongan pengepul kardus bekas terdekat

    BalasHapus